Thursday, March 3, 2016

Pentingnya Mencuci Tangan dan Bahaya Jika Meninggalkannya


Makan merupakan kebutuhan pokok bagi semua orang. Bahkan tak jarang saking laparnya, mereka lupa untuk mencuci tangannya. Padahal mencuci tangan merupakan hal pokok yang harus dilakukan sebelum makan. Karena cuci tangan adalah cara terbaik agar terhindar dari berbagai penyakit.
Apa sih yang menyebabkan mencuci tangan jadi hal penting tapi sering disepelekan ?
Banyak faktor yang mempengaruhi kenapa orang jarang cuci tangan sebelum makan, salah satunya adalah tergesa-gesa. Yap, tergesa-gesa merupakan alasan kebanyakan orang meninggalkan hal yang satu ini. Banyak orang yang dihadapkan antara lapar dan hendak memulai aktifitas kembali, maka mereka lupa atau sengaja tidak cuci tangan agar waktu tidak terbuang banyak. Padahal dari segi kesehatan itu perbuatan semacam itu bisa menimbulkan efek yang tidak baik bagi tubuh kita.

Bahaya Tidak Mencuci Tangan Sebelum Makan

Meskipun mencuci tangan adalah hal yang sepele. Tapi, tahukah kamu bahaya apa saja yang ditimbulkan apabila seseorang tidak mencuci tangan. Berikut saya sajikan beberapa bahaya akibat tidak cuci tangan sebelum makan :
  • Diare
Kebanyakan penyakit ini diderita oleh orang yang jarang cuci tangan. Sehingga banyak bakteri atau virus menempel dan menginfeksi orang tersebut. Virus atau baketri ini akan terbawa bersama makanan ke saluran pencernaan. Perkembangan virus atau baketri di saluran pencernaan inilah yang akhirnya menjadikan seseorang terjangkit "Diare"
  • Infeksi Bakteri Salmonella
Bakteri ini bisa menyebar secara langsung dari berbagai tempat. Umumnya berada pada telur dan hewan unggas. Potensi ini juga bisa disebabkan karena makan sayuran mentah tanpa di cuci. Telur bakteri salmonella akan berpindah dari makanan atau tangan ke dalam saluran pencernaan. Bakteri ini bisa hidup dalam usus dan saluran pencernaan lain. Tanda keracunan bakteri salmonella adalah seperti diare, sakit perut, keringat dingin, mual dan muntah. Untuk mencegah agar tidak terlalu parah maka bisa meminta bantuan dokter.
  • Bisa Terserang Flu & Pilek
Penderita Flu dan Pilek
Kenapa kita beresiko untuk tertular flu dan pilek ? Alasannya adalah ketika kita berinteraksi dengan fasilitas publik ataupun dengan orang lain yang , virus bisa saja menempel ke tubuh anda. Mengingat virus ini adalah virus yang menular maka tak jarang interaksi inilah yang dijadikan faktor kenapa orang menderita flu & batuk. Untuk itulah cuci tangan sebelum makan akan mengurangi bahkan bisa menghilangkan virus ini.
  • Infeksi Bakteri E.Coli
Bahaya Bakteri E.Coli
Bakteri ini biasa terdapat pada kotoran manusia yang terinfeksi. Bakteri ini merupakan salah satu penyebab diare parah pada anak-anak atau orangtua. Bakteri ini bisa menempel ke tangan apabila setelah buang hajat tangan tidak dicuci bersih. Bakteri ini juga bisa menyebabkan gagal ginjal
  • Bakteremia Fatal
Bakteremia Fatal merupakan keadaan dimana bakteri berpindah dari satu tangan ke lainnya. Perpindahan ini disebabkan ketika berjabat tangan dengan orang yang tidak terjaga kebersihannya sehingga banyak bakteri yang menempel ditangannya. Kadang perpindahan bakteri  ini menyebabkan penyakit dalam hingga kematian
  •  Penyakit Hepatitis B
Hepatitis B merupakan salah satu penyakit yang menular. Penyakit ini menyerang organ hati sehingga menimbulkan tubuh yang tidak sehat bagi penderita. Resiko tertular penyakit ini bisa dikurangi jika kita mencuci tangan sebelum makan ataupun setelah berinteraksi dengan seseorang. Karena virus ini menyebar melalui udara dan makanan
  • Resiko Terjangkit Shigellosis
Bakteri Shigela
Shigellosis merupakan penyakit yang disebabkan oleh infeksi akibat bakteri jenis shigela. Penyakit yang dihasilkan seperti disentri. Disentri umumnya disebabkan karena kebiasaan tidak mencuci tangan sebelum makan. Ketika tangan Anda kotor setelah melakukan berbagai pekerjaan maka mungkin banyak bakteri yang bersarang dalam tangan Anda. Kontaminasi bisa terjadi lewat makanan itu sendiri atau tangan yang kotor. Penyakit ini ditandai dengan demam, diare yang parah, diare bisa disertai darah dan dehidrasi.
  • Resiko Infeksi Amoebiasis
Resiko infeksi amoebiasis adalah jenis penyakit yang bisa disebabkan karena tidak mencuci tangan sebelum makan. Penyakit ini akan menyebabkan penderita mengalami disentri. Jenis amuba penyebab infeksi ini termasuk dalam kelas Entamoeba histolitica. Infeksi ini tidak hanya menyerang pada saluran pencernaan namun juga berbagai organ lain. Karena itu infeksi ini cepat berkembang dalam tubuh dan membutuhkan perawatan darurat. Mencuci tangan sebelum makan bisa mencegah kondisi yang lebih berbahaya.
  • Resiko Radang Pernafasan
Orang yang memiliki kebiasaan tidak mencuci tangan sebelum makan juga bisa terkena penyakit radang saluran pernafasan. Penyakit ini bisa menyebabkan sesak nafas, batuk, flu dan radang tenggorokan. Penyakit ini bisa menyebar lewat bakteri atau virus yang masuk ke tubuh lewat makanan. Ketika bakteri atau sumber penyebab infeksi bersentuhan dengan lendir dalam tenggorokan, maka sumber infeksi akan berkembang dalam tempat itu. Kemudian akan menyebabkan penurunan sistem kekebalan tubuh dan membuat penderita mudah sakit.
  • Resiko Infeksi Botulisme
Bakteri Clostridium botulinum
Orang yang tidak mencuci tangan sebelum makan juga bisa terkena infeksi penyakit botulisme. Penyakit ini menular secara langsung lewat makanan dan tangan yang kotor. Ini termasuk jenis infeksi yang sangat berbahaya karena bisa menyebabkan kematian. Infeksi juga membutuhkan perawatan yang segera untuk mengurangi potensi bahaya yang lebih buruk. Beberapa tanda infeksi ini adalah seperti diare, sakit perut, mual, muntah, demam, pandangan kabur dan hilang kesadaran.
  • Tertular Penyakit Infeksi Tenggorokan
Tidak pernah cuci tangan sebelum makan juga bisa menyebabkan penyakit di tenggorakan. Hal ini diakibatkan bakteri yang berada di tangan masuk bersama makanan ke saluran pencernaan. Makanan yang masuk ke tenggorokan akan behubungan dengan lendir. Lalu bakteri akan tinggal bersama lendir dan memungkinkan terjadinya penyakit di tenggorakan.

Gimana teman-teman, masih tetap nggak mau  cuci tangan ? Atau memang ingin mencoba salah satu penyakit di atas. Kalau memang seperti itu, berarti memang keras kepala. HAHA. 
Intinya sih senderhana saja. "Cuci tanganlah sebelum penyakit menggerogoti tubuhmu". Mulai sekarang budayakan hidup bersih dan sehat dengan hal-hal kecil seperti cuci tangan. Karena hal kecil ini bisa menghindarkanmu dari masalah yang besar. "Keep Healthy and Love Your Life"
Stay update and Don't forget to Suscribe Caranulisku

This Is The Newest Post

15 comments

wih serem juga ya kalo gak cuci tangan :(

Ternyata banyak juga ya gan bahayanya. Wajib sering-sering cuci tangan nih. . . .

Anak2 biasanya suka susah disuruh cuci tangan, apalagi pas mau ngemil...
Niche share gan :)

emang penting gan saya juga selalu mengajarkan kepada anak saya agar selalu mencuci tangan sebelum makan dan sebelum tdr

ngeri lihatnya, itulah pentingnya jaga kesehatn.

Cuci tanganlah sejak dini :D hahaha

serem banget :3 harus2 rajin cuci tangan ini mah

Walaupun sepele tapi hal ini harus dibiasakan untuk mencuci tangan

Gan jika cuci tangan sebaiknya gunakan sabun apa gan? batangan atau cair gan?

bener banget penjelasan di artikel ini
apalagi kalau malam mau tidur lebih baik cuci tangan dan muka nya juga
nice tip gan
thank for sharing

wah bermanfaat banget buat gue gan yg sehari harinya dilab, nice info :)

biasanya kalau makan ane jarang cuci tangan,kenapa? ane makannya pake sendok huehue *plakkk


EmoticonEmoticon